Dalam Sidang Lapangan Syamsul Bantah Aniaya PRT

MENARAnews, Medan (Sumut) – Walaupun cuaca panas, sidang lapangan atas terdakwa bos pembantu rumah tangga, Syamsul Anwar dkk di kediamannya Jalan Madong Lubis/Beo, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Medan Timur, tetap dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Medan, Selasa (22/6).

Sidang diadakan di ruangan tamu rumah milik Syamsul dan dilaksanakan secara tertutup. Awak media yang meliput hanya melihat dari luar saja. Sidang lapangan tersebut dihadiri Majelis Hakim Aksir SH, Jaksa Penuntut Umum Erman Syafrudianto, Joice V Sinaga, Sindu Hutomo dan Faiz, Penasehat Hukum, saksi Endang Murdianingsih (55) asal Madura, Rukmiyani (42) asal Demak dan Anis Rahayu (31) asal Malang, Penasehat Hukum terdakwa Iskandar Lubis, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) serta Unit PPA dan VC/Judi Sila Polresta Medan.

Selama berjalannya sidang sempat beberapa kali terdengar suara teriakan-teriakan para saksi dari dalam rumah. “Bohong dia Pak Hakim. Di tempat ini dia (Syamsul) menyiksaku. Penipu kau Syamsul”, teriak salah seorang saksi saat memberikan keterangan kepada majelis hakim.

Hakim M. Aksir dalam wawancara mengatakan, sidang lapangan  dilakukan untuk mengkonfirmasi tempat perkara yang disebutkan terdakwa dalam keterangan di pegadilan. “Dalam gelar sidang lapangan ini untuk menunjukkan tempat-tempat penyiksaan yang dilakukan terdakwa dan intinya para saksi mengalami kekerasan dan memperaktekkan kekerasan itu”, katanya. 

Aksir menambahkan, Syamsul juga membantah semua tuduhan tentang penyiksaan yang dikenakan kepada dirinya. “Saksi korban hanya emosional saja karena disanggah oleh terdakwa”, ujarnya . 

Dari pantauan MENARANews, selama di lapangan, sidang hanya berlangsung sekitar 30 menit.  Terlihat juga di lapangan Puluhan personil dari Sabhara Polresta Medan diturunkan untuk mengamankan lokasi kediaman Syamsul Anwar dalam sidang lapangan tersebut.

Dalam sidang lapangan kasus penganiayaan dan pembunuhan PRT tersebut JPU menghadirkan langsung 4 terdakwa yakni Syamsul Anwar beserta istrinya, Bibi Randika, Zainal Abaidin alias Zahri dan Ferry Sahputra. (yug)

Comments
Loading...