spot_img

China Ditantang AS Untuk Buktikan Klaim Laut China Selatan

MENARAnews, Washington – Pemerintah China mengklaim bahwa 90 persen kawasan Laut China Selatan adalah milik mereka membuat pemerintah AS bereaksi. Amerika Serikat menantang China untuk membuktikan klaim tersebut, jika benar maka Washington akan memberikan dukungan 100 persen terhadap China

Tantangan dari AS itu dilontarkan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. AS selama ini yakin, kawasan Laut China Selatan adalah kawasan internasional, di mana setiap negara bebas bernavigasi tanpa gangguan dari pihak manapun.

Namun, kawasan Laut China Selatan yang kaya gas dan jadi sumber uang dari lalu lintas kapal perdagangan dunia itu telah diperbutkan oleh China, Filipina, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Taiwan.

Blinken mengatakan AS dalam dialog dengan China di Washington sudah menegaskan posisinya, bahwa AS tidak berkepentingan di Laut China Selatan. Namun, klaim wilayah dalam jumlah besar itu telah mengganggu.

”China mengatakan bahwa klaim mereka sudah jelas dan tak terbantahkan. Mereka bahkan bukan sekadar klaim, tapi fakta. Dan kami sudah mengatakan; ‘jika Anda menunjukkan bukti, kami akan mendukung Anda 100 persen,” kata Blinken.

”Tapi Anda tidak bisa mengharapkan negara-negara lain untuk terlibat dalam beberapa proses diplomatik yang berlangsung di tempat, di mana Anda membuat klaim di kawasan laut itu,” lanjut Blinken, seperti dilansir Philippine Star, Senin (29/6/2015).

Para pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS melihat situasi di Laut Cina Selatan sudah berbahaya karena ketegangan antara China dan negara-negara tetanggnya sudah terlibat sengketa maritim, telah meningkat.

“Kita menyaksikan upaya (China) secara sepihak dan memaksa mengubah status quo . Pelanggaran ini akan membuat AS dan sekutu kami akan bersatu untuk melawan,” ujarnya. (Sindonews/AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles