6 Kecamatan Waspada Banjir Kiriman

MENARAnews, Kasongan (Kalteng) – Hujan deras yang mengguyur wilayah di hulu Kungai Katingan dan Sungai Samba belum lama ini mengakibatkan sebagian besar desa se-Kecamatan Katingan Tengah terendam banjir. Ketinggian air yang disertai derasnya arus sungai tersebut harus diwaspadai, utamanya bagi wilayah yang berada dibagian hilir.

Wakil Bupati Katingan, Sakariyas menghimbau kepada seluruh masyarakat khusunya yang bermukim di bantaran sungai untuk selalu waspada. Pasalnya banjir kiriman tersebut sudah dapat dipastikan akan menerjang di enam kecamatan, yakni Pulau Malan, Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan, Kamipang dan Mendawai.

“Warga di bagian hilir harus waspada, terus ikuti perkembangan informasi terkait banjir. Khususnya bagi masyarakat kita yang bermukim dipinggir sungai, jaga anggota keluarga jangan sampai menjadi korban,” himbaunya, Rabu (17/6/2015).

Dirinya meminta kepada warga untuk bersiap menghadapi terjangan banjir. Meskipun hal tersebut merupakan musibah tahunan dan dianggap biasa bagi masyarakat, tetapi dirinya tetap meminta untuk waspada.

“Memang warga kita sudah terbiasa dengan musibah banjir ini dan tanpa dikomando sudah tau apa yang harus dilakukan. Tapi yang sering menjadi masalah itu adalah dampak dari banjir itu, seperti penyebaran penyakit, kesulitan transportasi, ekonomi, gagal panen dan terganggunya mata pencaharian masyarakat,” pungkasnya.

Akibat banjir itu, yang menjadi fokus kecemasan mantan Pimpinan Bank BPK Kasongan ini adalah masyarakat di Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang dan Mendawai. Pasalnya jika sudah diterjang banjir kiriman maka ketinggian air akan bertahan lama, bahkan sampai berbulan-bulan.

“Tiga kecamatan itu berada di tanah rendah, biasanya dampak dari banjir akan lebih dirasakan mereka. Namun kita bersama Dinas Sosial akan terus memantau kondisi tersebut, jangan sampai menunggu ada teriakan dari warga,” cetusnya.

Menurut pantauan, banjir kiriman sudah memasuki wilayah Kecamatan Katingan Hilir, hal itu terlihat dari derasnya arus sungai dan luapan air yang mulai memasuki halaman rumah warga di pinggir sungai. Ketinggian air diprediksi akan terus meningkat seiring dengan menyebarnya intensitas hujan. (Kontributor Katingan)

Editor: Raudhatul

Comments
Loading...