5000 Pasar Rakyat Akan Direvitalisasi

MENARAnews – Jakarta, 5.000 pasar rakyat akan direvitalisasi oleh Pemerintahan pada kurun waktu 5 tahun ke depan. Untuk tahun ini, target 935 pasar diharapkan dapat terealisasi.

“Target Presiden Jokowi dalam 5 tahun ke depan 5.000 pasar,” tutur Gunaryo, Sekjen Kemendag di Kantor Kemendag, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Untuk tahun 2015, targetnya 935 pasar rakyat akan direvitalisasi, dimana 65 pasar revitalisasinya akan dilaksanakan Kementerian UMKM dan sisanya ditangani Kemendag.

“Sudah mulai tahun ini 935 pasar, 65 melalui pembiayaan kepada koperasi dan UKM di daerah oleh UMKM. Sedangkan sisanya budget dari Kemendag,” imbuhnya.

Menurut catatan Kemendag, terdapat 10.000 pasar rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia. Sekitar 40% dari jumlah itu dibangun 25 tahun yang lalu sehingga membutuhkan revitalisasi.

Namun demikian, program revitalisasi tersebut juga sedikit terhambat akibat sejumlah kendala di lapangan.

“Cukup sulit memperoleh lahan untuk revitalisasi pasar di kota besar. Oleh karena itu, pembangunan baru lebih digiring ke arah desa dan kecamatan yang membutuhkan pasar yang frekuensinya tidak setiap hari,” paparnya. (Vo)

Comments
Loading...